Jumat, 27 Juni 2014

FENOMENA CINTA

Cinta ?..
Apakah arti sebuah cinta sesungguhnya ?.. Apakah setiap orang memiliki cinta didalam hidupnya ?..

Setiap orang pasti memilliki persepi masing-masing arti sebuah cinta, mau dia itu  pria, wanita, remaja, dewasa ataupun paruh baya. Cinta itu seperti pelajara psikologi yang terkadang bisa ambigu, sehingga setiap orang bisa mendeskripsikan arti sebuah cinta secara bebas dan  tidak ada yang salah. Karena makna cinta bisa dirasakan oleh diri kita masing-masing. 

Apakah dalam hidup Anda, Anda tidak pernah merasakan cinta ?.. 
Menurut saya tidak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan cinta, karena cinta itu sudah hadir saat kita masih didalam kandungan ibu. Dan cintai itu bisa datang dari mana saja. Contohnya saat Allah memberikan kita kesempatan untuk lahir didunia ini, dan selalu memantau sampai akhir hidup kita. Dan cinta Allah itu sangat-sangat besar, karena saat kita sendiri, disitulah Allah yang akan menemani kita. Percaya atau tidak, kalian bisa renungkan sendiri.

Menurut kalian CINTA itu apa ?..

" Cinta itu sederhana , Aku dan kamu, and nobody else . I'am for you and you are for me " Mario Teguh

" Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat " Tubagus

" Cinta adalah komitmen, kesabaran, dan kepercayaan kita orang yang kita rasa tepat bagi kita " @PsikologID

Cinta itu semakin dicari, maka semakin tidak nampak. Cinta ada didalam lubuk hati kita. Ketika kita mengharapkan lebih akan cinta, maka hanya kehampaan yang akan kita dapat atau tidak dapat apa-apa. Dan ini berjalan dengan waktu yang tidak bisa diputar kembali. Jadi, terimalah cinta apa adanya “  Firdaus Salam.

Cinta itu sebuah rasa yang diberikan oleh Allah kepada kita dan kita berikan rasa itu kepada orang lain yang membuat kita hanya ingin bersama dia “ Alamanda.

Dan  @PsikologID mengetikan di salah satu akun jejaring sosialnya tentang jatuh cinta. Dimana  ketika kita jatuh cinta, alam bawah sadar yang bereaksi , itulah sebabnya kita dapat jatuh cinta tanpa berfikir atau tanpa logika. Dan itulah cinta kadang-kadang tak ada logika seperti lagu yang dipopulerkan oleh Agnes Mo.

Kenapa Cinta bisa hadir ?..
Cinta itu hadir bisa melalui mana saja, kalau dengan Allah sudah pasti yang tau adalah kalian sendiri. Bagaiman dengan cinta kita kepada orang lain atau lawan jenis ?.. Cinta datang bisa melalui VAKGO (  Visual, Auditori, Kinestetik, Gustatori, Olfactory ), karena adanya hubungan internal yang terjadi antara Anda dengan orang lain atau satu individu melalui hubungan Basic Attraction ( Keterkaitan Interpersonal ) yaitu :
a. Kedekatan Secara Fisik
Dimana tertarikan pada seseorang yang tinggal dekat dengan kita. Seperti di Kampus, tempat kerja, tetangga rumah atau bisa juga di tempat-tempat kumpul komunitas.

b. Kemiripan Dengan Orang Lain
Kalau kemiripan dengan orang lain biasanya berupa kemiripan sifat, hobby atau kesukaan, sampai kehidupan pribadi pengalaman hidup yang hampir mirip.

c. Daya Tarik Fisik
Daya tarik fisik yang prince pancarkan, mampu membuat saya jatuh cinta sampai detik ini. Jadi awal saya sangat-sangat menyukai dia atau membuat saya jatuh cinta adalah wajahnya yang menurut saya sangat polos, dan dia adalah pria yang cukup rapih dilihat dari fashion.

Dalam teorinya Stenberg mengemukakan bahwa cinta memiliki tiga dimensi yaitu :
a. Passion : Dimensi yang menekankan pada intensnya perasaaan serta perasaan ( keterbangkitan ) yang muncul dari daya tarik fisik dan daya tarik seksual.

b. Intimacy : Dimensi yang tertuju pada kedekatan perasaan antara dua orang akan kekuatan yang mengikat mereka untuk bersama.

d. Commitment / Decision : Dimensi dimana seseorang berkeputusan untuk tetap bersama dengan seseorang pasangan dalam hidupnya.

Jadi kesimpulannya cinta  itu bisa hadir dimana saja dan kapan saja. Namun tetaplah ingat pada satu hal cinta Anda kepada Allah harus lebih besar dibanding Anda mencintai siapapun. Karena cinta kepada Allah akan membuat kita menjadi manusia lebih baik, dan lebih baik.

Dan jika Anda mencintai lawan jenis, jagalah diri Anda. Karena belum tentu yang Anda cintai saat ini kelak akan menjadi suami dimasa depan Anda, dengan ikatan hubungan yang disahkan oleh Agama yaitu pernikahan.

Sumber :
Sarwono, W. Sarlito, dan, Meinarno, A. Eka.2009.Psikologi Sosial.Jakarta : Salemba Humanika.
http://www.hdwallpapers.in/love_hd-wallpapers.html ( Gambar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar