Jumat, 20 November 2015

LEADERSHIP


LEADERSHIP (KEPEMIMPINAN)
Menurut Wiryoputro (2008), kepemimpinan adalah cara atau teknik pimpinan atau manajer untuk mengarahkan dan menyuruh supaya orang lain mau mengerjakan apa yang ditugaskan. Menurut Hemhiel dan Coons (sudjana, 2007), kepemimpinan adalah perilaku dari seorang individu yang mempin aktivitas-aktivitas suatu kelompok kesuatu tujuan yang akan dicapai bersama. Menurut Risza (2010), Kepemimpinan adalah kemampuan dan aktivitas tertentu dari seorang pimpinan dalam mempengaruhi bawahannya dalam arti positif, sehingga mereka bersedia menjalankan apa yang diinginkan pimpinan.
Berdasarkan dari pendapat para ahli, dapat disimpulkan leadership adalah sautu perilaku, cara dan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam artian positif, sehingga orang tersebut bersedia menjalankan perintahnya.
 
Teori-teori Kepemimpinan Partisipatif

Teori X dan Teori Y
Pada tahun 1943, Maslow mengemukakan suatu teori  yang mengusulkan agar orang dimotivasi oleh suatu hierarki kebutuhan, termasuk insentif keuangnan dan penerimaan sosial, memungkinkan merupakan teori yang paling dikenal dengan baik. Sementara itu model Teori X dan Teori Y dari Douglas McGregor merupakan yang terbaik dalam menyajikan esensi dari gerakan hubungan manusia. Menurut McGregor, Teori X dan Teori Y merefleksikan kedua keyakinan ekstrem yang membedakan manajer mengenai pekerjan mereka. Teori X adalah suatu pandangan yang relatif negatif mengenai pekerja dan konsisten dengan pandangan manajemen ilmiah. Teori Y adalah suatu pandangan yang lebih positif dan mencerminkan asumsi yang dibuat oleh pendukung hubungan manusia .

Teori 4 Sistem merupakan teori  kepemimpinan yang dikembangkan oleh Rensis Linkert, yang merupakan salah satu teori kepemimpinan yang mengkaji hubungan antara manusia melalui hasil dari produksinya dilihat dari kacamata manajemen

Leadership Pattern Choice dari Tannenbaum & Scmidt adalah teori kepemimpinan  yang memandang kepemimpinan seperti rangkaian dari boss berpusat menjadi subordinated berpusat.
 

 

Daftar Pustaka

Falconer, S. (2014). Financial Services Management A Qualitative Approach.New York : Routledge
Griffin, R. W. (2004). Manajemen Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Risza, S. (2010). Masa Depan Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia. Yogyakarta: Kanisius
Sudjana, D. (2007). Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian Ilmu Pendidikan Praktis.Bandung: Imperial Bhakti Utama

Wiryoputra, S.(2008). Dasar-dasar Manajemen Kristiani. Jakarta: Gunung Mulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar