ELEMEN SISTEM
Sitem
didefinisikan sebagai kumpulan atau grup dari bagian atau komponen, baik fisik
maupun nonfisik yang saling berhubungan satu sama lain dan berkerja sama secara
harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu
Tujuan
Sistem
Menurut
Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), tujaun sistem merupakan
target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem.
Input
Menurut
Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), Input merupakan
segala sesuatu yang masuk ke dalam suatu sistem.
Proses
Menurut
Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), process merupakan perubahan
dari input menjadi output
Output
Menurut
Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), output merupakn hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari
keberadaan sistem
Umpan
balik
Digunakan
untuk mengendalikan baik masukan maupun proses
Contoh proses Psikologi
Pemprosesan informasi baru yang masuk kedalam otak manusia. Tujuan adalah untuk memahami informasi yang baru diterima terutama pada saat ujian atau quiz. Informasi baru masuk dengan cara belajar, setelah itu dipahami lebih mendalami. Setelah itu ada ujian.
CBIS ( Sistem Informasi Berbasis )
CBIS
adalah satuan set dari hardware
(perangkat keras), software (perangkat lunak), database, telekomunikasi, manusia, dan prosedur dari konfigurasi
untuk kumpulan, manipulate, store dan
proces data informasi. (Stair R. M. Dan Reynolds G. W., 2014). CBIS mulai
digunakan dalam pada tahun 1960-an
EDP
(Electronic Data Processing)
Pengolahan
Data Elektronik adalah alat pengolah bantuan bagi unit-unit informasi yang
memerlukan pengolahan data yang banyak, rumit, dan bentuk hasil informasi yang
beragam (Sindhunata, 2007)
SIM
(Sistem Informasi Manajemen)
Menurut
Abdul Kadir (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), sistem informasi manajemen
atau management informasi sistem (MIS) adalah sistem informasi yang
digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi,
manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Menurut George M.
Scott (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), SIM adalah serangkaian subsistem
informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang
mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara
guna meningkatkan produktifitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas
dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Menurut Gordon B. Davis (Djahir, Y.,
dan Pratita, D., 2014), SIM adalah sistem manusia atau mesin yang menyediakan
informasi untuk mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan
dari suatu organisasi.
Sistem
Pendukung Keputusan (DDS)
DDS
adalah pengumpulan data, peralatan sistem, dan teknikyang terkoordinasi dengan
dukungan software serta hardware, dimana organisasi dapat mengumpulkan dan
menginterpretasikan informasi yang relevan (Churchill, 2001)
OA
(Office Automatic)
Menurut
Umar (2008), OA (Office Automatic)
adalah aplikasi yang memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas
diantara manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik,
seperti modem, faksimil, word-processing,
electronic mail, dan desktop
publishing. Office Automatic mengacu pada mesin komputer dan perangkat lunak yang digunakan untuk digital membuat, mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi dan kantor estafet informasi bervariasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dasar.
Sistem
Pakar
Sistem
pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan
masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh parak. Pakar yang dimaksud adalah
pakar yang mempunyai keahlian khusus yang dapat menyelesaikan masalah (Kusrini,
2008). Menurut Durkin, sistem pakar adalah suatu program komputer yang
dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh
seorang pakar (Kusrini, 2008). Menurut Ignizo, sistem pakar adalah suatu model
dan prosedur yang berkaitan dalam suatu dominan tertentu, yang mana tingkat
keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar (Pusadan, 2014).
Daftar Pustaka
- Churchill. G., a. (2001). Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Edisi 4 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
- Djahir, Y., dan Pratita, D. (2014) Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepbulish
- Kusrini. (2008). Aplikasi Sistem Pakar Menetukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: Andi.
- Pusadan, M., Y. (2014). Pemrograman Matlab Pada Sistem Pakar Fuzzy. Yogyakarta: Deepublish
- Umar, H. (2008). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia
- Sindhunata. (2007). Anak Bajang Menggiring Angin. Jakarta: Gramedia
- Stair, R., M. dan Reynolds, G. W. (2014). Fundamentals Of Information Systems, Eighth Edition. USA: Cengage Learning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar