Kamis, 12 November 2015

ELEMEN SISTEM

 
ELEMEN SISTEM
 
          Sitem didefinisikan sebagai kumpulan atau grup dari bagian atau komponen, baik fisik maupun nonfisik yang saling berhubungan satu sama lain dan berkerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu
 
Tujuan Sistem
Menurut Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), tujaun sistem merupakan target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem.
 
Input
Menurut Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), Input merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam suatu sistem.

Proses
Menurut Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), process   merupakan perubahan dari input menjadi output
 
Output
Menurut Azhar Susanto (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), output merupakn hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem
 
Umpan balik
Digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses
 
Contoh proses Psikologi
Pemprosesan informasi baru yang masuk kedalam otak manusia. Tujuan  adalah untuk memahami informasi  yang baru diterima terutama pada saat ujian atau quiz. Informasi baru masuk dengan cara belajar, setelah itu dipahami lebih mendalami. Setelah itu ada ujian.
 
CBIS ( Sistem Informasi Berbasis )
 
CBIS adalah satuan set dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), database, telekomunikasi, manusia, dan prosedur dari konfigurasi untuk kumpulan, manipulate, store dan proces data informasi. (Stair R. M. Dan Reynolds G. W., 2014). CBIS mulai digunakan dalam pada tahun 1960-an
 
EDP (Electronic Data Processing)
Pengolahan Data Elektronik adalah alat pengolah bantuan bagi unit-unit informasi yang memerlukan pengolahan data yang banyak, rumit, dan bentuk hasil informasi yang beragam (Sindhunata, 2007)
 
SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Menurut Abdul Kadir (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), sistem informasi manajemen atau management informasi sistem (MIS) adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Menurut George M. Scott (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), SIM adalah serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktifitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Menurut Gordon B. Davis (Djahir, Y., dan Pratita, D., 2014), SIM adalah sistem manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dari suatu organisasi.
 
Sistem Pendukung Keputusan (DDS)
DDS adalah pengumpulan data, peralatan sistem, dan teknikyang terkoordinasi dengan dukungan software serta hardware, dimana organisasi dapat mengumpulkan dan menginterpretasikan informasi yang relevan (Churchill, 2001)
 
OA (Office Automatic)
Menurut Umar (2008), OA (Office Automatic) adalah aplikasi yang memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik, seperti modem, faksimil, word-processing, electronic mail, dan desktop publishing. Office Automatic mengacu pada mesin komputer dan perangkat lunak yang digunakan untuk digital membuat, mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi dan kantor estafet informasi bervariasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dasar.
 
Sistem Pakar
Sistem pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh parak. Pakar yang dimaksud adalah pakar yang mempunyai keahlian khusus yang dapat menyelesaikan masalah (Kusrini, 2008). Menurut Durkin, sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh seorang pakar (Kusrini, 2008). Menurut Ignizo, sistem pakar adalah suatu model dan prosedur yang berkaitan dalam suatu dominan tertentu, yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar (Pusadan, 2014).
 
Daftar Pustaka
 
  • Churchill. G., a. (2001).  Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Edisi 4 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  • Djahir, Y., dan Pratita, D. (2014) Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepbulish
  • Kusrini. (2008). Aplikasi Sistem Pakar Menetukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: Andi.
  • Pusadan, M., Y. (2014). Pemrograman Matlab Pada Sistem Pakar Fuzzy. Yogyakarta: Deepublish
  • Umar, H. (2008). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia
  • Sindhunata. (2007). Anak Bajang Menggiring Angin. Jakarta: Gramedia
  • Stair, R., M. dan Reynolds, G. W. (2014). Fundamentals Of Information Systems, Eighth Edition. USA: Cengage Learning
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar