Kamis, 07 Januari 2016

Kepuasan Kerja dan Determinasi Sikap Kerja


Kepuasan Kerja dan Determinasi Sikap Kerja
    Kepuasan kerja adalah tingkat rasa puas individu bahwa mereka mendapat imbalan yang setimpal dari bermacam-macam aspek situasi pekerjaan dari organisasi tempat mereka berkerja (Soegandhi, Sutanto, dan Setiawan, 2013). Menurut Robbins Soegandhi, Sutanto, dan Setiawan, 2013),  kepuasan kerja adalah suatu sikap umum terhadap perkerjaan seseorang, selisih antara banyakanya ganjaran yang diterima seorang pekerja dan banyaknya yang mereka yakini seharusnya mereka terima, kepuasan terjadi apabila kebutuhan individu sudah terpenuhi dan terkait dengan derajar kesukaan dan ketidakssukaan. Luthans Soegandhi, Sutanto, dan Setiawan, 2013),  Kepuasan kerja adalah hasil dari persepsi karyawan mengenai beberapa baik perkerjaan mereka memberikan hal yang dinilai penting.  
    Berdasarkan dari pengertian yang telah dibahas, dapat dikatakan bahwa kepuasan kerja adalah tingkat rasa puas yang dialami individu berdasarkan hasil perkerjan yang mereka berikan yang dinilai penting. Maka pada saat mereka diberikan beban perkerjaan yang berat, diharapkan mereka mendapatkan imbalan yang sesuai sehingga mereka merasa puas dengan pekerjaannya.

Determinan Sikap Kerja
Sikap kerja dapat dijadikan indikator apakah suatu pekerjaan berjalan lancar atau tidak. Jika sikap kerja dilaksanakan dengan baik, pekerjaan akan berjalan lancar. Jika tidak, berarti akan mengalami kesulitan. Tetapi, bukan berarti adanya kesulitan karena tidak dipatuhinya sikap kerja, melainkan ada masalah lain lagi dalam hubungan antara karyawan yang akibatnya sikap kerja diabaikan. Sikap kerja mempunyai sisi mental yang mempengaruhi individu dalam memberikan reaksi terhadap stimulus mengenai dirinya diperoleh dari pengalaman dapat merespon stimulus tidaklah sama. Ada yang merespon secara positif dan ada yang merespon secara negative. Kryawan yang memiliki loyalitas tinggi akan memiliki sikap kerja yang positif.

Referensi :
  • Soegandhi, V., M., Sutanto, E., S.,, dan Setiawan, R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karayawan Pt. Surya Timur Sakti Jatim. Agora Vol. 1, No. 1.
  • Nabila. (2015) . Sikap Kerja dan Kepuasan Kerja. (diambil https://nabilapd.wordpress.com/2015/12/21/sikap-kerja-kepuasan-kerja/)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar