Kamis, 07 Januari 2016

Laporan 1 ( Psikologi Kognitif )


Feature Detection
 
1.    Definisi

Menurut Hendee W. R. Dan Wells P. N. T. (1997),  Feature detection adalah penyeleksian tertentu secara spesifik dari banyaknya informasi  yang ditangkap oleh mata. Menurut Pati U. C., Dutta P. K. dan Barua A. (2010), Feature Detection adalah menyederhanakan banyak sumber yang dibutuhkan untuk menggambarkan set data menjadi akurat.
2.    Tujuan

Tujuan dari pratikum ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kerja otak dalam mengatasi bagian fitur pada stimulus sebagai suatu kesatuan diantara keberadaan stimulus yang lain.
3.    Point View

Penting dilakukannya pratikum untuk membantu pratikan memahami materi Feature Detection pada mata kuliah Psikologi Kognitif dengan bantuan program CP3.

4. Pelaksanaan

a. Langkah-Langkah

1.         Klik start → all program →Lab Psikologi → cp3

2.        Setelah itu akan muncul tampilan dengan tulisan “ Laboratory in Cognitif &Perception “

3.         Klik Experiments → Choose Experiment → Feature Detection

4.        Setelah itu akan muncul tampilan dengan tulisan “Licensed to Gunadarma University”

5.        Untuk memulai eksperimen Feature Detection pada program CP3, klik Exsperiment → Start Experiment Setup

6.        Untuk memulai percobaan (Experiment), dapat kita lakukan dengan melakukan kostum atau dengan cara mengaktifkan ketiga percobaan, yaitu Part 1, 2, dan 3. Untuk mengaktifkan percobaan lakukan dengan mengklik tombol ON yang ada dipojok kiri.

Catatan : untuk melakukan percobaan tidak harus semua Part diaktifkan, tetapi hanya dengan memilihi satu atau dua Part pun percobaan dapat dilakukan. Jika part dalam kondisi ON maka akan terlihat berwarna hijau pada setiap toolbar setiap part dan akan berwarna merah menandakan bahwa Part dalam keadaan Off

7.        Setelah memilih percobaan yang akan dilakukan, pada tahap ini, pilih karakter (p, q, b, atau lainnya) yang menjadi Target dan Distractor yang dilakukan pada masing-masing percobaan. Contoh: Target p dan Distractor yang dipilih adalah q dan b. Dalam langkah ini, tidak hanya karakter saja yang dapat dipilih, tetapi warna, jenis tulisan, dan ukuran karakter dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.

a.         Part 1. Target p dan Distractor yang dipilih adalah q dan b

b.         Part 2. Target p dan Disractor yang dipilih adalah q dan b.

Target p dan Distractor q : Font & size ( Papyrus, Italic )

Distractor b : Font & size ( Papyrus, bold)

c.         Part 3. Target P dan Distractor yang dipilih adalah q dan b

Target P :Font & Size ( Arial, Bold, Italic), Colour P

Distractor q : Font & Size( Arial, Italic), Colour q

Distractor b : Font & Size( Arial, bold), Colour b

Background colour :     putih

8.         Setelah semua langkah dilakukan, klik File → Start → With Auto Logging

Ø  With Auto logging : sebelum memulai program, maka akan masuk ke log file name dan barulah memasukkan subject identification.

Ø  Without Auto Logging : langsung masuk ke subject idnetification tanpa harus masuk ke log file name.

9.         Setelah itu akan muncul tampilan ;

Klik File Name, masukan nama untuk file  “ fauzia4pa06” , kemudian klik ok

10.     Setelah itu akan muncul tampilan :

Masukan Subjeck identification yang diinginkan ( fauzia4pa06) kemudian klik ok.

11.    Kemudian akan muncul sebuah instruksi (dalam bahasa Inggris). Jika diartikan dalam bahasa Indonesia :

“ Dalam percoban ini, pekerjaan Anda akan ditampilakan secara acak, untuk mencari kehadiran (Present) karakter “P”. Pada beberapa percobaan, karakter ini akan muncul disuatu tempat, tetapi pada percobaan lain tidak akan disajikan sama sekali.

Untuk membuat respon, Anda cukup meng-klik pada tombol Hadir (Present) atau Absen (Absent) “

Setelah itu klik Start.

12.     Klik Strat Trial.

13.     Setelah itu akan muncul tampilan :

Terdapat banyak huruf  yang terdiri dari huruf Target dan Distractor (pengacau). Apabila huruf Target  yang ditentukan ada dalam rangkaian huruf tersebut klik kotak bertulisan Present, akan tetapi apabila tidak terdpat dalam rangkaian klik kotak bertulisan Absent.

14.    Setelah menjawab trial, maka akan tampil output yang menjelaskan apakah jawaban bener atau salah ( correct untuk jawaban yang benar dan incorrect untuk jawaban yang salah) dan waktu respon ketika menyelesaikan trial dalam hitungan waktu msec (millisecond)

15.    Jika semua trial telah selesai dikerjakan, berarti eksperiment telah selesai dan akan tampil tulian “Thank you The exksperiment is over” Lalu klik OK.

16.    Setelah klik OK, maka akan muncul tampilan untuk menyimpan hasil yang sudah dikerjakan. File name : fauzia4pa06. Lalu klik ok.

17.     Jika sudah selesai menyelesaikan eksperiment, silahkan klik File →EXIT
b. Hasil
Part 1.
Percobaan 1
Present
Correct
7910
Percobaan 2
Absent
Correct
12309
Percobaan 3
Present
Correct
3789
Percobaan 4
Present
Correct
1920
Percobaan 5
Absent
Correct
1480
Percobaan 6
Absent
Correct
6371
Percobaan 7
Absent
Correct
3900
Percobaan 8
Absent
Correct
11201
 
Part 2.
Percobaan 1
Absent
Correct
2963
Percobaan 2
Absent
Correct
5871
Percobaan 3
Absent
Correct
3461
Percobaan 4
Present
Correct
2701
Percobaan 5
Present
Correct
1650
Percobaan 6
Absent
Incorrect
5760
Percobaan 7
Present
Correct
3189
Percobaan 8
Absent
Correct
6639
 
Part 3.
Percobaan 1
Present
Correct
5660
Percobaan 2
Absent
Correct
990
Percobaan 3
Present
Correct
10491
Percobaan 4
Absent
Correct
660
Percobaan 5
Absent
Correct
490
Percobaan 6
Absent
Correct
439
Percobaan 7
Present
Correct
539
Percobaan 8
Present
Correct
389
 
Daftar Pustaka
Hendee, W., R., dan Wells, P., N., T. (1997). The Perception of Visual Information Second Edition. New York : Springer
Pati, U., C., Dutta, P., K., dan Barua, A. (2010). Feature Detection of an Object by Image Fusion. Volume 1 – No. 17, 0975-8887.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar