Senin, 18 November 2013

LAYANAN APLIKASI INTERNET

Terdapat berbagai macam layanan-layanan aplikasi di Internet antara lain World Wide Web ( WWW ),  Electronic mail ( E-mail ), Search engine, Chatting, dan Netiquette, yang dimana sampai saat ini masih digunakan agar dapat mengakses infomasi berupa teks, gambar, suara, maupun video. Saat ini saya akan membahas tenteng mereka dan sejarah singkatnya.

World Wide Web
World Wide Web  atau bisa disebut juga dengan website adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa informasi teks, gambar, suara, maupun video, yang interaksi dan mempunyai kelebihan lain untuk menghubungkan ( link ) atau dapat mengakses melalui sebuah browser.  Bahkan melalui website, dapat menonton television, radio dan video secara online contohnya www.yotube.com ( menonton video secara online ).

Sejarah Singkat :
WWW  pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa ( CERN ), Jenewa, Swiss. Berners Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global , kemudian pada bulan Oktober 1990, WWW sudad dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi dapat digunakan secara luas pada jaringan internet.
Pada tahun 1994, bergabung dengan laboratorium komputer Massachusetts Institute of Technoloogy. Dengan tujuan yang jelas yakin merealisasi potensi web secara maksimal, dan memastikan kestabilannya ditengah arus perubahan dan tranformasi penggunaannya yang berjalan secara revolusioner.

Eleectronic Mail ( E-Mail )
Electronic Mail atau E-mail merupakan salah satu fasilitas atau layanan Internet yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan metode mengirim pesan, menyimpannya dan meneruskannya ke alamat e-mail lain melalu media elektronik contohnya fauziaputri31@gmail.com

Sejarah Singkat : 
Sejarah tentang e-mail tidak lepas dari sejarah munculnya internet pada tahun 1969, melalui proyek yang motori oleh departemen pertahanan Amerika dengan nama ARP Net.

Akhir tahun 1971 : Konsep E-mail pertama kali dikemukakan oleh  Ray Tomlinson, seorang komputer engineer. Ray Tomlinson saat itu berkerja  pada Bolt, Beranek dan Newman ( BBN ) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer. Sehingga, orang lain yang memakai komputer bisa membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan mengunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa megirim pesan ke komputer lain yang berada didalam jaringan ARPnet dan merupakan e-mail yang pertama didunia adalah “ QWERTYUIOP “.

Pada tahun 1972 : Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan antara user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “ at “ atau “ pada “.

Search Engine
Search Engine atau robot pencarian untuk mencari informasi yang sangat sulit dicari dalam jaringan internet. Informasi – informasi yang bertebaran di internet terkadang tidak banyak diketahui oleh para pengguna internet. Fungsinyapun hampir sama seperti kartu katalog, jika mencari suatu buku pada suatu perpustakaan.

Sejarah Search Engine :
Berawal dari diciptkananya perangkat lunak bernama Archie oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa dari Universitas McGill, Montreal, Kanada pada tahun 1990. Perangkat lunak Archie mampu mengindeks file-file yang terdapat pada FTP server publik. Ini merupakan aplikasi pertama yangg digunakan untuk mencari informasi di internet, sehingga Archie dinobatkan sebagai nenek moyang  search engine.
Search Engine berikutnya adalah VERONICA ( Very  Easy Rodent Oriented New-wide Index to Computerized Archives ) dan Jughead ( Jonzy’sUnversal Gopher Hierarchy Excavation and Display ) yang mampu mengindeks halaman – halaman plain text yang terdapat pada sever gopher.

Worl Wide Web Wanderer merupakan aplikasi search engine pertama yang mengunakan teknologi robot dalam melakukan proses indeks halaman – halaman plain text yang terdapat pada web server. Aplikasi ini dirintis oleh Matthew Gray, mahasiswa dari MIT. Namun sayang aplikasi ini menimbukan kontroversi karena kinerja robot ini menghabiskan bandwith sangat besar.

Tahun 1993, Martijn Koster membuat ALIWEB ( Archie-Like Indexing of the Web ) Mengizinkan pengguna internet men-submit halaman webnya untuk diindeks dengan teknologi kumpulan meta-data.

Aplikasi diataslah yang menginspirasi lahirnya search engine  yang baru. Mulai dari munculnya website search engine webcrawler, infoseek, yahoo, lycos, altavista, excite, hotbot, dan masih banyak lagi.

Chatting
Chatting  merupakan aplikasi yang sangat sering digunakan oleh para pengguna internet untuk komunikasi secara langsung, baik menggunakan software Internet Relay Chat hyang berbasis seperti mIRC maupun grafik seperti Yahoo Messenger. Chatting atau ngobrol sangat disukai oleh para pengguna internet, terutama pada kawula muda untuk berkomunikasi dengan siapa saja diseluruh dunia yang terkoneksi internet. Dengan chatting bisa berkomunikasi dengan teman, orang tua, rekan kerja, atau siapa saja yang terhubung dengan internet, serta bebas menggunakan bahasa apa saja yang . Contohnya adalah layanan chatting video call yang diberikan oleh aplikasi Skype, yang dimana pengguna dapat berkomunikasi seperti bertatap muka tanpa mengetik.

Sejarah Internet Relay Chat ( Chatting )
· Akhir bulan Agustus 1988
Konsep ini pertama kali ditemukan oleh Jarkko Oikarinen, mahasiswa dari University of Oulu di Finlandia. lahir Chatting. Pada saat itu dia berhasil menulis  program untuk  IRC server dan IRC client dan diterapkan pertama kali pada sistem Bitnet Relay Chat dan sukses melakukan chat dengan 10 user sekaligus.
· Tahun 1991
IRC baru dikenal secara luas oleh publik dan dapat digunakan untuk media komunikasi berbasis teks dan sampai sekarang penemuan Jarkko Oikarinen menjadi salah satu layanan yang sangat banyak penggunanya diinternet.
· Tahun 1997
Jarkko Oikarinen memperoleh penghargaan Dvorak sebagai orang yang berjasa pada bidang telekomunikasi atas kerja kerasnya menemukan teknologi IRC

 Netiquette
Netiquette adalah merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukanaturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankankomputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
3.  Hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a.  Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum


Refrensi  :

Sidharta, Lani ( 1996 ). INTERNET Informasi Bebas Hambatan 1. Jakarta : Elex Media Komputindio.

Yuhefizar. ( 2008 ). 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya.  Jakarta : Elex Media Komputindio.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar