Sabtu, 30 November 2013

Computer-Supported-Cooperative Work ( CSCW )

What Does COMPUTER–SUPPORTED-COOPERATIVE WORK  ( CSCW )

Secara definisi Computer-Supported-Cooperative Work ( CSCW ) adalah konsep kerja komputer yang terdiri dari perangkat lunak dan teknologi yang mendukung sekelompok individu yang berkerja pada proyek-proyek dilokasi yang berbeda. Hal ini didasarkan pada prinsip koordinasi kelompok dan kegiatan kolaboratif didukung melalui sistem komputer.


History of Computer-Supported-Cooperative Work ( CSCW )
  • Pada tahun 1984 : Konsep CSCW diperkenalkan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman. Mereka menggabungkan kerja koperasi individu melalui jaringan, hardware, software dan lain-lain dengan tujuan untuk memberikan perbaikan yang identik untuk beberapa individu yanng berkerja pada produksi yag sama atau berbeda processes

  • Pada tahun 1987 : Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep Collaborattive Learning-Work. CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas - aktivita kolaboratif dan koordinasi di dalamnya dapat didukung teknologi komputer. Di satu sisi banyak penulis menganggap bahwa CSCW dan groupware adalah sinonim. Disisi lain ada juga yang mengklaim bahwa groupware mengacu pada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai alat dan teknik groupware itu sendiri, seperti  efek psikologis, sosial, dan organisasi mereka.

    • Pada tahun 1991 : Wilson mengungkapkan perbedaan antara dua konsep. CSCW adalah sebuah istilah generik yang menggabungkan pemahaman cara orang berkerja dalam kelompok dengan teknologi yang memungkinkan jaringan komputer dan perangkat keras yang terkait, perangakat lunak , layanan dan teknik.

    Central Concerns of CSCW
    CSCW adalah bidang akademik desain berorientasi yang interdisipliner dialam dan menyatakan ekonomi, ahli teori organisasi, pendidika, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, dan ilmuwan komputer, dan lain-lain. Keahlian peneliti dalam berbagai displin ilmu dan kombinasikan membantu para peneliti mengidentifikasikan tempat untuk pembangunan. Meskipun berbagai disiplin ilmu, CSCW adalah bidang penelitian didentifikasi pada karakteristik pehaman kerja kelompok saling bergentungan dengan tujuan merancang teknologi berbasis komputer yang memadai untuk mendukung kerja koperasi tersebut.

    Pada dasarnya, CSCW melampaui teknologi bangunan itu sendiri dan melihat bagaimana orang-orang berkerja dalam kelompok dan organisasi dan dampak teknologi pada proses-proses tersebut.. CSCW telah membawa sebagian besar dari penyatuan antara ilmuwan sosial dan teknologi sebagai pengembang berkerja sama untuk mengatasi keuda masalah non-teknis dalam ruang pengguna yang sama. Peneliti CSCW yang merancang dan membangun sistem mencoba untuk mengatasi konsp inti dengan cara baru. Namun, kompleksitas dari domain membuatnya sulit untuk menghasilan yang konklusif, keberhasilan sistem CSCW sering begitu tergantung pada kekhususan konteks sosial yang saling menggeneralisasi.Akibatnya, sistem CSCW yang didasarkan pada desain yang sukses memungkinkan gagal untuk disesuaikan dalam konteks yang tampaknya serupa untuk berbagai alasan yang hampir tidak mungkin untuk mengidentifikasi apriori.

    REFERENSI

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar