Minggu, 01 Desember 2013

GLOBAL BRAIN

Assallamualaikum Wr. Wb.

Hello guy’s, hari ini saya akan membahas tentang Global Brain, apa yang dimaksud dengan Global Brain, History of the concept dan memahami peran internet sebagai mediasi terbentuknya berbagai model atau kondisi consciousness dan dapat pula mendorong terbentuknya collective unconsciouness.



What is Global Brain ?..
The global brain adalah konseptualisasi dari jaringan di seluruh dunia yang terbentuk oleh semua orang diplanet ini bersama-sama dengan teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan mereka menjadi cerdas, sistem yang mengatur dirinya sendiri. Sebagai internet menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih menyeluruh, semakin mengikat kita bersama-sama kedalam sistem pengolahan informasi tunggal, yang berfungsi seperti sistem saraf untuk planet Bumi.

Kecerdasan jaringan ini berfokus kolektif atau didistribusikan : Tidak terpusat atau lokal dalam setiap individu tertentu, organisasi atau sistem komputer. Ini bukan muncul dari jaringan dinamis interaksi antara komponen-komponennya, properti khas dari sistem adaptif yang kompleks


The World Wide Web ( WWW ) pada khususnya menyerupai organisasi otak dengan halaman webnya ( memainkan peran yang mirip dengan neuron ) yang terhubung oleh hyperlink ( memainkan peran yang mirip dengan sinapsis ), bersama-sama membentuk jaringan asosiatif sepanjang informasi menyebar. Analogi ini menjadi lebih kuat dengan munculnya media sosial, seperti Facebook, dimana link antara halaman pribadi mewakili hubungan dalam  jaringan sosial yang menyebar dari orang ke orang. Propagasi mirip dengan aktivitas menyebar bahwa jaringan saraf menggunakan otak untuk proses.

Sejarah Singakat Global Brain ?...

Pada Tahun 1982  :    Istilah Global brain diciptakan Peter Russell dalam bukunya “ The   Global Brain.
Pada Tahun 1995    :     Artikel Peer-Wasit pertama diterbitkan oleh Mayer-Krees dan Barczys.
Pada Tahun 1996   :     Algoritma pertama yang bisa mengubah web diseluruh dunia menjadi jaringan kolektif cerdas diusulkan oleh Francis Heylighen dan Johan Bollen. Francis Heylighen terakhir sejarah ide-ide yang mendasari sebelum istilah “ Global Brain “  pertama kali digunakan. Dalam karya ini, ia membedakan empat perspektif pada global brain organicism, hal luas, emergentisme dan evolusi cybernetics, yangdikembangkan relatif independen tapi itu sekarang tampaknya datang bersama-sama dalam konsep tunggal.
Peran internet sebagai mediasi yang memungkinkan terbentuknya berbagai model atau kondisi :

Consciounsness
Sadar atau kesadaran kolektif adalah seperangkat keyakinan bersama, gagasan dan sikap moral yang beroperasi sebagai kekuatan pemersatuan dalam masyarakat. Istilah ini diperkenalkan oleh sosiologi Perancis Emile Durkheim di Divisinya Buruh di Masyarakat pada tahun 1893.

Conscience dalam bahasa Perancis bisa diartikan sebagai “ hati nurani “ dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai “ sadar “ atau persepsi atau kesadaran, dan komentator dan penerjemah dari Durkheim tidak setuju.

Adapun “ kolektif “, Durkheim membuat jelas bahwa ia tidak reifying atau hypostaizing konsep ini, baginya itu adalah “ kolektif “ hanya dalam artian itu adalah umum untuk banyak individu ; cf. Fakta sosial..

Collective Unconsciousness
Ketidaksadaran kolektif istilah psikologi analitis, diciptakan oleh Carl Jung.  Hal ini diusulkan untuk menjadi bagian dari pikirin bawah sadar, dinyatakan dalam kemanusian dan semua bentuk kehidupan dengan sistem saraf, dan mmenjelaskan bagaimana struktur jiwa mandiri mengatur pengalaman. Jung dibedakan ketidaksadaran kolektif dari ketidak sadaran pribadi, dalam ketidaksadaran pribadi adalah reservoir pribadi pengalaman unik untuk setiap individu, sedangkan terkumpul ketidaksadaran kolektif dalam cara yang sama dengan masing-masing anggota dari suatu spesis tertentu.

Refrensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar