Sabtu, 21 Desember 2013

TEST PSIKOLOGI ON-LINE

Assallamuallaikum Wr. Wb.

Hello guy’s sepertinya bulan ini cukup melelahkan buat saya, karena tugas saya sampai saat ini belum kelar-kelar. So bulan ini pun saya akan menyicil satu-persatu tugas yang sudah menumpuk dimana-mana, dan mempergunakan semua waktu libur yang saya miliki untuk tugas.. Kok kesannya jadi malah curhat mahasiswa ya ?... Hehehe

Okay guy’s hari ini saya akan membahas tentang TES PSIKOLOGI ONLINE..
Beberapa hari ini saya telah banyak membahas tentang Internet, dari awal munculnya internet sampai fenomena-fenomena yang terjadi dalam internet. Perkembangan pesat yang terjadi oleh internet memiliki banyak manfaat dari berbagai bidang pendidikan maupun bidang pekerjaan sekalipun, dan salah satu bidang pendidikan yang memanfaatkan internet adalah Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang membahas tentang jiwa manusia, dimana setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda atau ciri khas (seperti : kemampuan, perilaku, bakat dan lain-lain. ) Yang dapat diuji atau dianalisi dengan sebuat test Psikologi.

Apakah itu Test Psikologi ?...



Test Psikologi adalah suatu teknik yang terstruktur yang digunakan untuk menmghasilkam satu contoh perilaku terpilih. Contoh perilaku ini digunakan untuk membuat kesimpulam tentang atribut-atribut psikologis dari seseorang yang sedang ditest. Beberapa contoh atribut orang adalah intelegensi, selfesteem ( harga diri ), need for achievement ( kebutuhan berprestasi ) , dan lain-lain. Dengan perkembangan internet pun, kini kita dapat melakukan test psikologi secara on-line tanpa harus pergi ke psikiater ataupun mengikuti kegiatan-kegiatan test psikologi dengan biaya-biaya yang lumaian mahal.

http://www.psikologizone.com/tes-kepribadian-mbti adalah salah satu situs test psikologi yang menggunakan fasilitas jaringan sosial atau internet berdasarkan test kepribadian yang paling populer yaitu MBTI. Test ini merupakan analisis menyeluruh dari kepribadian kita. Test inipun bersifat gratis atau tanpa dipungut biaya, dan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam test harus sesuai dengan diri kita, bukan berdasarkan kondisi emosi sesaat, kondisi kitapun harus benar-benar nyaman. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam test ini.

Dampak Positif Test Psikologi On-Line :
Terdapat dampak positif yang diberikan dengan adanya test psikologi on-line antara lain :

Hemat Biaya
Kita tau bahwa banyak sekali test-test psikologi di Indonesia dari test intelegensi, test ability, dan beberapa test psikologi yang lain. Dimana kita harus mengeluarkan beberapa lembar uang untuk mengetahui bakat apa kita miliki atau pun kemampuan yang kita miliki tergantung dengan test apa yang digunakan. Jika test yang digunakan hanya menggunakan kertas sebagai media testnya, masih bisa terjangkau. Tetap jika dengan technology yang lebih canggih mungkin sekitar 100.000 keatas. Namun dengan berkembangnya test psikologi on-line, kitapun tidak perlu membayar, mungkin hanya membayar tarif internet.

Hemat Waktu
Test psikologi on-line, berarti kita dapat melakukan test dimana saja dan kapan saja tanpa harus bertemu atau membuat janji dengan psikolog-psikolog untuk menjalani test psikologi. Untuk mengetahui bakat atau intelegensi kita, kita membutuhkan waktu yang lumaian sangat lama, dan terterkadang kita mesti menunggu hasil beberapa jam ataupun beberapa hari. Namun dengan adanya test psikologi on-line, kitapun tidak butuh waktu yang lama, mungki kita dapat lakukan disaat waktu senggang ataupun saat membuka internet, dan hasilnya langsung keluar pada saat itu juga.

Karena kita mengetest dengan cara internet atau menggunakan jaringan internet, makanya hasil yang diperoleh pun terkadang tidak pasti atau belum tentu benar. Dan inilah dampak negatif dalam penggunaan test psikologi on-line. Sesuatu hasil yang diberikan melalui internet atau komputer belum pasti kebenarannya.

Refrensi :

Riyanti, Dwi, B.P. dan Prabowo, Hendro. 1998. Psikologi Umum2. Jakarta:Gunadarma
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar