Minggu, 08 Desember 2013

Dampak Internet Secara Positif dan Negatif

Assallamualaikum Wr. Wb.

Hari ini saya akan membahas tentang dampak-dampak dari interaksi manusia dengan internet,secara negatif maupun positif. Karena internet tidak membawa kita ke arah negatif juga. Malahan, jika kita mempergunakan sebaik mungkin akan ada yang namanya dampak positif kok. Sebelumnya, saya pernahkan membahas tentang internet, layanan-layanan intenet, internet addiction, komunitas on-line dan lain-lain. Jadi tau dong bagaimana perkembangan internet sangat pesat di Indonesia maupun diseluruh dunia, dan dampak apa yang kita dapat dari internet.  

Ok, langsung aja ya....


Internet memiliki banyak definisi, tergantung dari sudut pandang mana memandangnya. Dari sudut teknis, Interner adalah jaringan komputer dunia yang meliputi jutaan komputer. Komputer-komputer itu dapat saling bertukar informasi. Dari segi ilmu pengetahuan, Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan ( bahkan milyaran ) artikel, buku, jurnal, kliping, photo, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Namun yang pasti internet adalah sumber daya informasi yang sangat luas dan sangat besar sehingga tidak ada satu orang, satu organisasi atau pun satu negara yang dapat menanganinya sendiri. Kenyataannya, tidak ada satupun orang yang mampu memahami seluruh seluk-beluk internet.

Dengan berkembangnya internet saat ini diseluruh dunia, maka ada dampak-dampak yang dihasilkan dari internet, yaitu :

Apa saja dampak-dampak yang diterima dari interaksi manusia dengan internet ?...

1.     Sosial

Diketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang hidup bermasyarakat, saling berinteraksi dan membutuhkan manusia lain dalam hidupnya untuk hal tertentu. Didalam internetpun kita dapat saling berinteraksi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka atau berinteraksi secara langsung.

Dampak positif yang dihaslikan oleh internet bagi pengguna internet dari sisi sosial antara lain :

  • Mendapatkan teman baru dan sepertinya mendapatkan kekasih ( LDR ) dari berbagai daerah di Indonesia maupun negara luar, dan dengan teman yang berbeda daerah atau negara-negara lain. Dengan jejaring sosial Facebook, saya dapat berkenalan dengan seorang wanita bernama Ian. Di tinggal di Pekalongan, dan kami pun dulu hanya sebatas teman di jejaring sosial, tetapi setelah sering chattingan akhirnya kami  berteman sampai saat ini. Terkadang saat dia di Jakarta, kami pun janjian untuk bertemu, sekedar main atau makan. Berteman dengan dia, saya memiliki dunia baru, dan menjadi pembelajaran dalam jurusan mata kuliah yang saya ambil.

·      Dengan jejaring sosial, kita tidak hanya bisa bertemu dengan teman baru, melainkan kita pun bisa bertemu dengan teman-teman yang sudah sekian lama tidak bertemu, dengan jejearing sosial dapat dengan mudah berinteraksi kembali dengan mereka ( walaupun ada usaha sedikit untuk mencari, karena pengguna akun facebook tidak hanya 1000 orang, melainkan beribu-ribu atau mungkin berjuta-juta orang, ditambah dengan nama pemilik akun yang mendekati sama.), atau membuat komunitas ikatan alumni angkatan. Sehingga mereka dapat bergabung dalam komunitas itu dan memudahkan dalam berinteraksi, tanpa harus mensearch nama mereka satu-persatu.


Tapi yang harus diingat adalah kita tidak boleh terlalu senang berinteraksi terus menerus dengan dunia virtual, sehingga kita malah jadi anti sosial dengan dunia nyata dunia. Dan inilah yang menjadi dampak negatif yang dihasilkan oleh interenet bagi penggunannya dalam kehidupan sosial. Dimana pengguna internet akan lebih cenderung aktif bersosial di dunia virtual atau dunia mayanya dibandingkan dunia nyatanya. Sehingga interkasi dengan keluaraga, kerabat atau pun orang disekitar lingkungannya tidak baik.

2.    Perkembangan
Saat ini perkembangan internet mempengaruhi perkembangan anak-anak usia dini. Dari facebook sampai game on-line sudah dikenal oleh anak SD, bahkan anak TK (Taman Kanak-kanak) pun sudah dapat mengunakannya. Dapat kita lihat juga warnet banyak anak-anak yang asik didepan komputer di warnet-warnet umum, entah itu mencari tugas sekolah, buka jejaring sosial ataupun bermain game on-line.

Anak-anak yang sering menggunakan interent akan lebih sering menggunakan sensor motorik halus, dimana sensor motorik halus melakukan suatu aktifitas dengan otot kecil ( menulis, mengambar, mengetik dan lain-lain ). Berbeda dengan zaman dulu, dimana anak-anak pada zaman tersebut lebih sering menggunakan otot besar dalam melakukan aktifitas sehari-hari atau sensor motorik kasar ( berlari, melompat, memanjat, dan lain-lain ). Anak yang lebih sering mengunakan sensor motorik halus, maka akan mempengaruhi sensor motorik kasar. Contohnya Vian anak usia 6 tahun, suka bermain game on-line, setelah pulang sekolah dia lebih sering menggunakannya untuk bermain game on-line. Sehingga lebih sering menggunakan otot kecilnya untuk mengerakan mouse atau mengetik di keyboard. Berbeda dengan temannya, Raka yang lebih sering menghabiskan waktu bermain diluar bersama temannya seperti bermain pitak umpet, bola, atau permainan yang lebih sering menggunakan sensor motorik kasarnya.

Ini adalah dampak negatif yang diberikan oleh internet bagi anak-anak pengguna internet. Dimana seorang anak akan lebih sering menggunakan sensor motorik halusnya dibandingakan sensor motorik kasar.

Adapun dampak positif yang diberikan oleh internet bagi perkembangan anak-anak. Dimana internet dapat menimbulkan kreatifitas anak dalam mengatur suatu strategi dan anak akan lebih sering berfikir secara logis. Contohnya seorang anak dituntu berfikir secara kreatif dan logis dalam mengatur suatu strategi didalam bermain game on-line, dan memiliki daya saing yang tinggi dengan lawannya dalam bermain game on-line.

3.    Perekonomian

Percaya tidak kalau internet dapat mempengaruhi perekonomian kita dan itu tergantung kepada kita ?..
Jika anda memanfaatkan internet dengan baik, maka kita dapat membuat suatu usaha seperti menjual barang-barang produksi ataupun jasa pembuatan sablon, servis, dan lain-lain. Dan kita dapat barang
produksi ataupun jasa yang ingin kita promosikan melalui situs jejaring sosial ataupun situs-situ lain seperti http://www.tokobagus.com/ dengan mudah dan barang-barang atau jasa yang kita promosikan dapat dilihat oleh orang-orang pengguna internet yang lain, tanpa harus mempromosikan selembaran. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian kita dengan mudah. Tapi jangan mepergunakan internet dengan tidak baik atau melakukan suatu penipuan. Para pecinta belanja on-line pun jangan mudah percaya dengan perdagangan on-line. Karena terkadang ada orang jahat melakukan suatu penipuan seperti menjual handphone atau barang kosmetik kecantikan yang katanya origeinal serta memiliki manfaat bagi penggunanya.
                                                          
Berbeda dengan orang-orang yang tidak menggunakan internet dengan baik, melainkan hanya untuk kesenangan semata atau menghilangkan kebosanan sesaat. Dia akan lebih sering menghabiskan menghabiskan uangya. Contohnya orang-orang yang sudah kecanduan game on-line, mereka rela menghabiskan uang sekitar 10.000 – 100.000 dalam waktu satu hari, atau mungkin lebih hanya untuk game on-line.

4.    Pendidikan


Internet memiliki berjuta-juta informasi, yang dimana dapat memudahkan kita dalam mencari suatu informasi yang dibutuhkan. Dan ini adalah dampak positif yang dihasilkan oleh internet dalam membantu para pengguna internte mencari ssesuatu informasi sehingga dengan internet kita dapat dengan cepat mendapatkan informasi tanpa harus kita mencari dibuku atau membeli buku. Dengan internetpun guru, dan dosen dapat memberikan tugas, tanpa harus bertatap muka dengan murid-murid atau mahasiswa.
Contohnya salah satu dosen saya yang saat itu tidak dapat mengajar, sehingga dosen tidak dapat memberikan materi pembelajaran hari itu secara langsung. Namun dengan internet dia dapat memberikan materi dan latihan pada hari itu secara mudah, tanpa harus datang kekampus.

Dengan internet memudahkan pengguna interenet mencari informasi yang dibutuhkan, namun inilah yang membuat mahasiswa ataupun murid-murid menjadi malas untuk membaca buku, karena dengan internet mereka dapat menerima suatu informasi yang dibutuhkan atau mengerjakan tugas dengan mudah tanpa harus mencari-cari di buku. Padahal kita tau bahwa buku adalah jendela dunia, namun semakin berkembangnya internet, memuat banyak pelajar terkadang menjadi malas untuk membaca buku.
Bagaimana ?.. Apakah internet hanya berdampak negtif bagi penggunaannya ?.. 
Sekian dari artikel saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca..

REFRENSI :

Sidharta, Lani ( 1996 ). INTERNET Informasi Bebas  Hambatan 1. Jakarta : Elex Media Komputindio.

www.google.com






































Tidak ada komentar:

Posting Komentar