Selasa, 03 Desember 2013

SOCIAL NETWORK

Asslamuallaikum Wr. Wb.


Hari ini saya akan membahas tentang Social Network, apa yang dimaksud social network, manfaat yang diberikan dari social network bagi kita serta komunitas unik dan . Saya yakin, anda pasti tidak asing dengan kata SOCIAL NETWORK, dan mungkin anda juga pernah mengikuti salah satu komunitas yang ada diseluruh dunia, seperti komunitas OTAKU Jepang (komunitas penggemar berat anime dan manga Jepang),komunitas All about Hamster ( Komunitas pecinta Hamster ), dan lain-lain

SOCIAL NETWORK ?...
Social Network adalah suatu jaringan sosial yang terdiri dari satu kelompok individu ( organisasi ) dan satu hubungan dyadic antara individu-individu tersebut. Dimana merekamemiliki tujuan, hobby dan kesukaan yang sama.

Didalam social network pun kita dapat saling memberi informasi atau  bertukar informasi dengan orang lain, tanpa memperdulikan mereka itu siapa. Asalkan informasi yang diberikan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan dan tidak melanggar aturan telekomunikasi ( menjelek-jelekan orang lain ) dan aturan yang diberlakukan oleh komunitas tersebut.

Contoh kasusnya :
Avian menyukai tim bola Barcelona, diapun masuk kesalah satu komunitas yang menyukai Barcelona, yang membahas tentang pertandingan-pertandingan Barcelona serta pemainnya. Dari sisni pun dia mendapatkan informasi-infomasi tentang Barcelona dan yang pasti mendapatkan teman baru dari berbagai daerah di Indonesia maupun diseluruh dunia, tanpa harus bertemu secara langsung dengan mereka semua. Di komunitas inilah terjadi interaksi antara satu individu dengan individu yang sama-sama menyukai Barcelon.


SEJARAH SOCIAL NETWORK


Pada tahun 1955                   : Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com yang berfokus pada      hubungan antara mantan teman sekolah
Pada tahun 1997                    :   SixDegrees.com yang membuat ikatan tidak langsung.
Pada tahun 1999 dan 2001 : Dua model berbeda dari jejaringan sosial antara lain berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaringan sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional. Inovasi meliputi tidak hanya memperhatikan siapa pertemanan dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
Pada tahun 2005             : Suatu layanan jejaring sosial Myspace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Dan di tahun ini jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360. Pada bulan Juli News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friens Reunited pada bulan Desember. Diperkirakan terdapat lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
GROUP POLARIZATION
Dalam psikologi sosial, polarisasi kelompok mengacu pada kecenderungan untuk kelompok-kelompok untuk membuat keputusan yang lebih ekstrim dari kecenderungan awal dari anggotanya. Ini keputusan yang lebih ekstrim terhadap resiko lebih besar jika individu kecenderungan awal harus menjadi berisiko besar jika individu kencenderungan awal adalah untuk berhati-hati. Fenomena ini juga menyatakan bahwa sikap kelompok terhadap situasi dapat berubah dalam arti bahwa  sikap awal individu telah diperkuat dan ditingkatkan setelah diskusi kelompok.

Unique Group in The Internet.
Terbentuknya suatu komunitas dikarenakannya adanya kesaman secara asal daerah, hobby, pekerjaan ataupun kesukaan yang sama, tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan individu yang lain. Setiap komunitas mempunyai ciri khas sendiri dalam memperkenalkan komunitas mereka didunia jejaring sosial dan dari ciri khas yang berbeda, membuat komunitas unik. Kelompok kerja Virtual adalah suatu kelompok yang melakukan suatu tugas atau pekerjaan tanpa harus berinteraksi secara langsung atau bertatap muka. Melainkan dengan cara mengirim sebuah data berupa file-file dengan e-mail. Sistem seperti ini memudahkan seseorang dan mempercepat pengiriman datanya dalam hitungan detik ataupun menit itupun tidak memakan waktu berjam-jam. Keculi terjadi kerusakan dalam sistem jaringgan. Dengan internetpun sekelompok hacker bisa menerobos masuk kedalam situs bank, daan mencuri uang nasabah, tanpa pergi ketempat lokasi dengan waktu sesingkat mungkin.

Working Group dan Branstroming Electronic
Working group atau kelompok kerja adalah suatu kelompok yang melakukan suatu pekerjaan dimana masing-masing individu memiliki tugas yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil kerja yang baik.

Brainstroming Electronic
Brainstroming adalah grup kreativitas individu atau teknik dimana upaya yang dilakukan utuk menemukan kesimpulan untuk suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan daftar ide spontan pendapat oleh anggotanya. Istilah inipun dipopulerkan oleh Alex Osbron Faickney di 1953 buku “ Terapan Imajinasi “. Osbron menyatakan bahwa pendapat kelompok individu lebih efektif dari pada individu yang berkerja sendirian dalam menghasilkan ide-ide, meskipun peneliti yang lebih baru telah mempertanyakan kesimpulan ini.

Refrensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar