Rabu, 13 November 2013

Artikel Pengertian Internet

PENGERTIAN INTERNET 


Internet memiliki banyak definisi, tergantung dari sudut pandang mana memandangnya. Dari sudut teknis, Interner adalah jaringan komputer dunia yang meliputi jutaan komputer. Komputer-komputer itu dapat saling bertukar informasi. Dari segi ilmu pengetahuan, Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan ( bahkan milyaran ) artikel, buku, jurnal, kliping, photo, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Namun yang pasti internet adalah sumber daya informasi yang sangat luas dan sangat besar sehingga tidak ada satu orang, satu organisasi atau pun satu negara yang dapat menanganinya sendiri. Kenyataannya, tidak ada satupun orang yang mampu memahami seluruh seluk-beluk internet. 

SEJARAH SINGKAT INTERNET 
Tahun 1970-an. Dimana konsep pertama kali jaringan komputer digunakan untuk keperluam militer oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang disebut dengan Arpanet 
Tahun 1989 Tim Bernes Lee dan kawan-kawan berhasil membuat sekumpulan protokol komunikasi yang memungkinkan akses dokumen teks dalam jaringan. Penggunan dapat mengakses dokumen tersebut dengan aplikasi khusus yang disebut browser. 
 • Tahun 1993. Merupakan tahun penting bagi perkembangan World Wide Web maupun internet secara umum. NCSA ( Nasional Central of Super conducting Application ) berhasil membuat browser berbasis grafis pertama yang disebut Mosaic
• Tahun 1995. Ledakan Internet terjadi di Indonesia, sebelumnya Internet sudah masuk ke Indonesia melalui jaringan akademis dan pusat riset, sehingga hanya golongan peneliti dan akademis yang dapat memanfaatkannya. Itupun masih bebasis fasilitas e-mail. 
• Tahun ini. Pekembangan internet semakin meningkat, sehingga membuat keuntungan bagi masyarakat luas. Iuran yang semakin terjangkau, fasilitas layanan yang semakin baik serta harga komputer yang semakin turun. 

KONEKSI INTERNET 
Adanya banyak kemungkinan mengapa orang-orang menghubungkan komputer – komputer kedalam suatu koneksi internet. Sekali mengunakan internet maka dapat mengirim pesan-pesan ke pemakai lain dalam internet, bahkan dapat mengirim pesan-pesan ke pemakai yang menggunakan koneksi internet yang lain dan tehubung ke intenet. Untuk memakai bersama sumber daya, system adminisrator mengatur koneksi internet sehingga setiap pemakai dapat menggunakan sumber daya yang mahal. Koneksi internet yang digunakan oleh setiap pengguna pun pasti bebeda-beda, sesuai dengan kelebihan dan kemampuan masing-masing. Kalu di kelompokan koneksi internet yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu koneksi internet kabel dan nirkabel ( wireless ) 

Jenis Hubungan Koneksi Internet 
Hubungan koneksi terdiri dari dua yaitu :
a.Koneksi Internet Kabel 
Koneksi internet kabel adalah koneksi internet yang menggunakan media kabel sebagai pengantarnya. Koneksi ini pun beragam jenis baik dari, segi biaya maupun kecepatannya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis koneksi internet kabel : 
• Dial-Up : Merupakan koneksi internet yang memanfaatkan jalur telpon (telpon rumah), dengan cara menghubungi nomopr telpon khusus agar bisa digunakan untuk berintenetan. Koneksi dial-up memang jauh lebih lambat dibandingkan dengan koneksi internet lainya., kecepatan maksimum yang didapat hanya sekitar 56 Kbps, kecepatan tersebut bahkan bisa lebih parah pada kondisi tertentu, seperti pada siang hari dimana traffic pengguna telpon sedang meningkat, selain itu, biaya koneksinya juga masih relativ mahal. 
• ADSL : ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line ) merupakan koneksi internet broadband yang cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up,GPRS,Atau CDMA, ADSL/DSL Memiliki kecepatan transfer besar karena menggunakan jalur pita yang lebar. Teknologi ADSL Memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data ( upload ) dan penerimaan data ( download ),untuk meningkatkan keduanya maka digunakan istilah Asymmetric untuk teknologi ini ADSL Mampu mengirimkan data yang besar,yaitu sekitar 1,5 Mbps sampai 8 Mbps untuk downstream (dari sentral ke pelanggan) dan 16 Mbps sampai 640 Kbps untuk arah upstream (dari pelanggan ke sentral).

b.Koneksi Internet Nirkabel ( Wireless ) 
Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet. Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Frekuensi inilah yang disebut dengan Industrial, Scientific and Medical Band atau sering disebut ISM Band, seperti telah dijelaskan di atas. Dalam beberapa produk peralatan ini menggunakan PCMCIA Card dengan kemampuan 11 mbps. Sering terjadi kesalahpahaman di sini. Yang dimaksud dengan 11 mbps di sini adalah kemampuan maksimal Card tersebut untuk melakukan suatu transmisi, bisa dikatakan jumlah maksimal upstream dan downstream alat tersebut. Kemampuan ini tidak selalu dapat berjalan seperti yang disebut 11 mbps tadi, kalau kita hitung paling tidak akan terjadi loss sekitar 50%, jadi alat tersebut mampu mentransmit data 5,5 mbps. 
Dalam suatu alat Multipoint yang menggunakan Wireless LAN 11 mbps atau kadang-kadang disebut Access Point, dapat menampung lebih kurang 32 pengguna perseorangan, tetapi bila yang tersambung adalah suatu jaringan LAN pula, maka akan terjadi penurunan kemampuan paling tidak setengahnya, jadi maksimal suatu Base Transceiver System (BTS) adalah menerima 16 pengguna dari LAN. 

Perangkat yang Dibutuhkan 
  • Modem merupakan device yang mampu membuat komputer terkoneksi dengan internet melalui jalur telepon standar. 
  • Hub merupakan sarana network yang digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal pada suatu jenis workstation tertentu.
  • Repeater merupakan piranti elektronik yang bertugas menerima sinyal kemudian meneruskannya pada level yang lebih tinggi atau dengan daya yang lebih besar. 
  • Router merupakan piranti jaringan yang bertugas menforward paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel forwarding, sehingga rute terbaik untuk transportasi data Network Interface Card (NIC) 
  • Network Interface Card (NIC) merupakan circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer personal yang terpasang pada motherboard 
  • Bridge merupakan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan Kabel dan konektor 
  • Kabel dan konektor merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain 



Daftar Pustaka :

Lani, Sidharta ( 1996 ). INTERNET Informasi Bebas Hambatan 1. Jakarta : Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. 
Samuel, E. E., Rahmayanto, Andhika. ( 1997 ). Microsoft Internet Solution Menguasai Internet dengan Cepat dan Mudah. Jakarta : Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. 
http://putroweb.blogspot.com/2009/03/jenis-jenis-koneksi-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar