Senin, 03 Februari 2014

TOKOH PSIKOLOGI ANALISIS




BIOGRAFI SIGMUND FREUD



Sigmund Freud kemungkinan lahir pada tanggal 6 Maret atau 6 Mei pada tahun 1856 di Freiberg Moravia, yang kini menjadi bagian dari Republik Ceko. Freud merupakan anak sulung dari Jacob dan Amalie Nathanson. Freud menjadi anak kesayang ibunya.

Ia menikmati hubungan dengan ibunya sehingga ditahun berikutnya ia melihat bahwa hubungan ibu dan anak sebagai hubungan yang paling sempurna.

Pada saat Freud berusia satu setengah tahun, ibunya melahirkan putra kedua, yang diberi nama Julis dan memberikaan dampak berarti pada perkembangan jiwa Freud. Sikapnya terhadap adiknya, Julius dipenuhi dengan amarah, dan diam-diam berharap adiknya meninggal. Pada usia 6 bulan Julius pun meninggal. Freud merasa amat bersalah karena penyebab kepergian adiknya. Ketika Freud berusia paruh baya, ia mulai memahami bahwa keinginan adiknya itu tidak membuat adiknya meninggal dunia dan anak-anak kerap punya keinginan akan kematian adik kandungannya.


Freud terpikat pada bidang kedokteran, bukan karena ia jatuh cinta dengan praktik kedokteran, meliankan karena dia memiliki rasa igin tau yang tinggi tentang sifat manusia. Ia masuk di University of Vienna Medical School .

Membuat buku Studies on Hysteria, Tafsir Mimpi-mimpi. Pada tahun 1910 Freud dan para pengikutnya ( Freud, Alferd Adler, Wilhelm Stekel, Max Kahane, dan Rudolf ) membentuk Assosiasi Psikoanalisis International  yang diketuai oleh Carl Jung yang berasal dari Zurich, karena kecerdasannya, itu juga karena dia bukan orang yahudi dan Wina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar