Rabu, 21 Oktober 2015

Manajemen


MANAJEMEN

Pengertian Manajemen
Konsep manajemen muncul sebagai konsekuensi logis dari tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial. Istilah manajemen dikemukakan oleh berbagai ahli dari sudut pandang yang berbeda, sesuai dengan latar belakang yang dimiliki. Beberapa definisi yang digunakan oleh para ahli, antara lain sebagai berikut ().
  • James A. F. Stoner, dkk, mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, mengorganisasikan, memimpinan, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi serta menggunakan semua sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  •  Pul Hetsey dan Kenneth Blanchard, mendefinisikan manajemen sebagai usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi
  • Siswanto, memberikan batasan manajemen sebagai seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengadalian terhadap orang serta mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
Kepimimpinan
Beberapa definisi kepemimpinan adalah sebagai berikut.
Menurut Hemphil & Coons, kepemimpinan adalah perilaku seorang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama.  Menurut Janda, kepemimpinan adalah suatu jenis hubungan kekuasan yang ditandai oleh persepsi anggota kelompok bahwa anggota kelompok yang lain mempunyai hubungan untuk merumuskan pola perilaku dari anggota yang pertama dalam hubungannya dengan kegiatannya sebagai anggota kelompok.
Berdasarkan beberapa definisi yang dikemukakan para ahli dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses perencanaan yang terorganisir secara efektif dan efisien  untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan Kepempinan disimpulakan sebagai suatu jenis hubungan kekuasan, yang dimana salah seorang individu memiliki kepribadian untuk mengarahkan atau mengatur suatu aktivitas  sebuah kelompok menuju suatu tujuan yang terlah ditetapkan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar