Jumat, 09 Oktober 2015

Sistem Informasi Psikologi


Sistem

Definisi Sistem menurut para ahli (Hutahaean, 2014);
Menurut Davis, G.B, sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran. Menurut Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo, sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional. Menurut Fat,  sistem adalah suatu himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian atau komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, saling mendukung, yang secara keseluruhan bersat dalam satu kesatuan (Unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.  Menurut Indrajit, sistem diartikan kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Menurut Jerry FutzGerald, sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau unuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Menurut Jogianto, sistem adalah kumpulan dari elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul ada dan terjadi. Menurut Lani Sidharta, sistem adalah himpunan dari bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan yang sama. Menurut Murdick, R.G, sistem adalah perangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan.

Informasi
Definisi Informasi menurut para ahli;
Menurut Hutahaean (2014), informasi adalah suatu data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi s penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekara ng atau keputusan yang akan datang (Hutahaean, J. 2014). Menurut Irwansyah dan Moniaga (2014) informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang diorganisir atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerimanya.


Psikologi
Menurut The American Heritage Dictionary (Djohan, 2009), psikologi didefinisikan sebagai “karakteristik emosional dan perilaku individu, kelompok, atau aktivitas”, kemudian menjadi lebih luas dari hanya kajian perilaku manusia.
Menurut Plotnik, psikologi merupakan suatu studi yang sistemasik dan ilmiah tentang perilaku dan proses mental (Basuki, 2008)
Menurut Basuki (2008), psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi diri kesadaran mental, aktivitas motorik, kognitif dan emosional.

Setelah membahas mengenai pengertian sistema, informasi, dan psikologi menurut para ahli. Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah ilmu yang membahas mengenai suatu sistem dari prosedur yang saling berhubungan berdasarkan sebuah kumpulan data mengenai perilaku individu hingga menjadi sebuah informasi yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
Daftar Pustaka :
 
Basuki, H. 2018.Psikologi  Umum. Jakarta: Gunadarma
Hutahaean, J. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish
Irwansyah, E. dan Moniaga, J., V. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar